Wednesday, July 13

romantika bandung..huehe..

ugh..kenapa y gw ko merasa muak dengan bandung saat ini (baca: pembangunan)..bandung kok terasa bukan kota gw lagi..hehe y emang ga pernah jd kota gw siiih..maruk amat..maksud gw kota tempat ki sunda hidup dan menghidupi..bandung bukan lagi tatar parahiyangan…

tiba2 gw merasa asing dengan kota ini…kemana aki2 suling yg biasa mangkal d depan itb?..kemana orkes angklung yg suka keliling dari gang ke gang?...kemana mang2 yg suka jualan jojongkong d balubur?...kemana lapang lega tempat kumpul sore2 sambil nongton nu maen langlayangan?..seberapa banyak mata yg masih setia nongton sendratari d dago atas setiap malem minggu?..dan percaya atau engga nyari bandros manis sekarang udah mulei susah padahal dulu tukang bandros mah dimana2 ada..bandros asin sih banyak..huhh!..benci aku..

sekarang kemana2 macet..jalan diputer2..mobil pa salib2..klakson pa tarik2..semua orang teriak2 ‘lo..gw..lo..gw’…bunyi sirene dimana2 tanda orang penting mau lewat..sounds familiar?..yeah bandung the 2nd metropolitan city..uhh..sedihnya aku..

gw mah sebagai orang sunda (boleh la ya ngerasa jd eneng geulis..n_n) ga ngerasa mangpaatnya itu cipularang d bangun…emang sih akses jakarta-bandung lebih gampang..tapi itu termasuk lebih gampangnya arus kapitalis masuk…selama ini bandung cukup terlindungi berhubung letaknya yg d dasar mangkok..tp berkat peran serta itu cipularang cukup beberapa minggu bandung tercemar buangannya orang2 jakarta…

mereka sih enak y jalan2 mengusir stress d bandung..belanja barang2 yg katanya murah..makan makanan ‘murah’ yg enak..dan larilah mereka berbondong2 k bandung…termasuk SBY ngeresmiin hari koperasi...apa pentingnya sih hari koperasi d resmiin d bandung sementara KAA justru d rebut oleh jakarta..aneh?..sama..

kenapa gw malah ngerasa bandung jd kota satelitnya jakarta…berhubung disana udah penuh sesak yuk rame2 pindah k bandung…berbagi carut marut..buktinya hari koperasi itu…kerasa banget bandung cuma sebagai alat untuk kepentingan mereka…sementara apa mangpaatnya buat kita?...apa iya SBY mampir ke teater terbuka dago atas nonton kesenian, syukur2 ampe nyumbangin dana?..apa iya dia mampir k Saung Anglung Mang Udjo?...apa SBY meluangkan waktu bertemu dengan budayawan2 bandung mendengarkan keluh kesah orang kecil?...sementara kita menyediakan semua buat mereka apa yg mereka beri untuk kita?...

gw cemas..cemas sekali ki sunda harus terusir dari tatar parahiyangan…


0 Comments:

Post a Comment

<< Home